Rabu, 18 Januari 2012

Bahaya Menghirup Udara Freon AC

[imagetag]


Kali ini saya akan membahas mengenai efek samping apabila kita menghirup udara dari Freon AC. Namun anda harus tahu terlebih dahulu apa itu Freon?. Freon adalah nama dagang dari bahan kimia yang disebut klorofluorokarbon atau CFC dan digunakkan terutama pada pendingin ruangan atau yang biasa disebut AC.

Saat ini banyak sekali masyarakat yang sudah menggunakan AC sebagai pendingin ruangan, baik unuk dipasang dirumah, Mall, Perkantoran bahkan ditempat sarana pendidikan. Hampir semua AC menggunakan Freon. Mengapa demikian? Freon pada AC itu diibaratkan mesin mobil dengan tangki kosong, Tak bisa berfungsi.

Namun sadarkah kita jika menghirup udara dari Freon AC dapat menimbulkan efek samping yang bisa dibilang cukup berat. Salah satu akibatnya yaitu keracunan klorofluorokarbon. Gejalanya dapat berupa pembengkakan tenggorokan, sulit bernapas, sakit tenggorokan parah, kehilangan penglihatan, membakar mata, hidung, bibir dan lidah, luka bakar pada kerongkongan, muntah darah, darah dalam tinja, nyeri perut yang parah, irama jantung abnormal dan peredaran darah.

Akibat yang kedua yaitu terjadinya masalah pada Jantung. Penggunaan Freon AC berlebihan dapat menyebabkan efek samping bagi Jantung. Bagi yang menghirup Freon AC secara berlebihan dapat berakibat serangan jantung, tekanan darah tinggi dan irama jantung normal amblasnya menuju peredaran darah.

Akibat yang paling buruk yang ditimbulkan dari Freon AC adalah Kematian . The National Institute for Occupational Safety and Health atau NIOSH sempat melaporkan kematian yang disebabkan oleh irama jantung abnormal dan mati lemas akibat pendingin di ruang tertutup.

Sangat mengerikan bukan? apalagi saat ini pengguna AC diIndonesia sudah sangat banyak sekali. Selain dapat menimbulkan Global Warming ternyata Freon didalam AC juga dapat memiliki efek samping yang sangat mengerikan.
Untuk itu dalam artikel ini saya selaku Admin menyampaikan kepada pembaca agar tidak terlalu tergantung memakai AC sebagai alternatif pendingin ruangan. Disarankan agar membuka jendela rumah agar udara luar bebas masuk dan bisa terjadi sirkulasi pertukaran udara. Dan bila anda bekerja ditempat yang berAC dianjurkan untuk banyak minum air putih, sering berolahraga.

satria35 18 Apr, 2012



www.digosip.blogspot.com