Sabtu, 21 Januari 2012

Piyu "PADI": Boyband Tak Punya Masa Depan

Quote:

[imagetag]

Gitaris grup PADI yang juga pencipta lagu sekaligus produser musik, Satriyo Yudi Wahono atau Piyu, melihat bahwa boyband dan girlband tak akan berumur panjang.

"Aku bilang, boyband tidak punya masa depan. Mereka hanya pengekor, kebanyakan masih lipsync, dan hanya mengandalkan dance. Tapi, bukannya saya enggak suka boyband. Saya suka kok sama NSYNC, Backstreet Boys. Tapi, boyband kebanyakan masih lipsync. Boyband kayak gitu harus diberi pelajaran," ujar Piyu dalam wawancara di Studio Gaharu, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (22/3/2012).

Piyu bukan tanpa alasan melontarkan kritik itu. Beberapa syarat untuk menjadi artis musik yang akan bertahan lama, menurut Piyu, belum semuanya dipenuhi oleh boyband dan girlband Indonesia. "Boyband dan girlband itu fenomena yang akan diseleksi. Syarat artis musik bisa bertahan lama itu punya good performance, good skill. Jangan sampai, baru terkenal sudah enggak mau diwawancara dan sudah mulai telat latihan. Perlu juga dipertanyakan, apakah mereka mencipta lagu sendiri. Nah, variabel-variabel ini yang harus diperhatikan," ujar Piyu lagi.

Kalaupun kini PADI sedang vakum, bagi Piyu bukan berarti PADI—Piyu, Fadli (vokal), Ari (gitar), Rindra (bas), dan Yoyok (drum)—telah tersingkir dari industri musik dalam negeri akibat menjamurnya boyband dan girlband. "Saya masih ada karya, tapi nanti, tunggu dululah, sampai ada waktu yang tepat. Kalau tujuannya hanya menyaingi boyband dan girlband, itu bukan alasan yang tepat. Kalau dibilang saya takut, ya saya takut dari sisi bisnisnya. Ini kan investasi yang besar, bisa lebih dari ratusan juta. Ini bukan salah pembelinya, melainkan industrinya yang belum bisa memperbaiki law enforcement setelah RBT terpukul dan pembajakan yang semakin marak," ungkap Piyu.

sanikem 22 Mar, 2012



www.digosip.blogspot.com