Senin, 23 Januari 2012

Siapa Lady Gaga ?

Kalo ada yang penasaran siapa Lady Gaga itu, ini ada sedikit ulasan tentang artis yg punya julukan "Mother Monster" ini.

Lady Gaga lahir dengan nama Stefani Joanne Angelina Germanotta, dari keluarga campuran Italia Amerika, di New York City pada tanggal 28 Maret 1986, sebagai putri sulung Joseph Germanotta, seorang wiraswasta internet, dan Cynthia (née Bissett). Lady Gaga memiliki satu adik, Natali, yang lahir pada tahun 1992.Lady Gaga adalah seorang kidal (pengguna tangan kiri). Ia belajar bermain piano dari umur empat tahun, dan menulis lagu piano pertamanya pada usia 13 tahun dan tampil secara open mike pada umur 14 tahun. Dibesarkan dalam lingkungan Katolik Roma, di Manhattan, Upper West Side setelah keluarga pindah ke sana pada tahun 1993, Lady Gaga masuk ke dalam Convent of the Sacred Heart, sekolah Katolik khusus perempuan di Manhattan, Upper East Side pada umur 11. Dikarenakan perbandingan kekayaan antara Upper East dan West Side, Lady Gaga menyesal karena ia tidak berasal dari keluarga yang kaya, dengan menyatakan bahwa orang tuanya "berasal dari keluarga kelas bawah, sehingga kami berjuang untuk semua—ibuku bekerja dari jam delapan pagi sampai delapan malam di luar rumah, dalam bidang telekomunikasi, dan begitu pula ayahku." Ia menggambarkan kehidupan akademiknya di sekolah yang "sangat berbakti, rajin, disiplin", tetapi juga "sedikit tidak aman" seperti yang diujarkannya dalam sebuah wawancara, "Aku terbiasa dijadikan bual-bualan karena terlalu provokatif atau eksentrik, jadi aku mulai tidak nyaman. Aku tidak cocok, dan aku merasa seperti orang aneh." Kenalan Lady Gaga membantah bahwa dia tidak cocok di sekolah. "Dia punya kelompok inti teman-teman; dia adalah seorang murid yang baik. Dia menyukai banyak anak laki-laki, tapi mungkin baginya menyanyi No. 1," kenang seorang mantan teman sekelas saat SMA.

Lady Gaga sangat dipengaruhi oleh artis glam rock seperti David Bowie dan Freddie Mercury dari band Queen, serta artis dance-pop seperti Madonna dan Michael Jackson. Lagu Queen "Radio Ga Ga" menginspirasi nama panggungnya, "Lady Gaga". Dia berkomentar: "Saya memuja Freddie Mercury dan Queen yang telah mempunyai hit "Radio Lady Gaga". Itulah mengapa saya mencintai nama tersebut [...] Freddie sangat unik—salah satu tokoh terbesar di sejarah musik pop." Lady Gaga juga sering dibanding-bandingkan dengan Madonna. Ia sendiri menyatakan bahwa "tidak ada seorang pun penggemar Madonna yang lebih memuja dan mencitainya melebihi saya. Saya adalah penggemar terbesarnya, baik secara pribadi dan profesional." Penyanyi lain yang juga menginspirasi Lady Gaga di antaranya adalah Whitney Houston, Britney Spears, Grace Jones dan vokalis Blondie Debbie Harry. Dalam sebuah wawancara dengan Yahoo! Singapura, saat ia menjawab banyak pertanyaan dari media, dia menyatakan Cyndi Lauper adalah seseorang yang ia kagumi, dan dia menyatakan ia merupakan alasan albumnya, Born This Way, lebih berjenis musik rock. Dia juga mengatakan ia ingin album menjadi milik para fans, karena mereka bereaksi lebih kuat saat mendengar lagu rock dibanding pop, dan akhirnya menjadi alasan ia memberi elemen rock pada album.

Lady Gaga memiliki banyak atribut keberhasilan awal sebagai artis mainstream untuk penggemar gay-nya dan dianggap sebagai ikon gay. Pada awal karirnya ia kesulitan mendapatkan penyiaran radio, dan menyatakan, "Titik balik bagi saya adalah masyarakat gay. Aku punya begitu banyak penggemar gay dan mereka begitu setia kepada saya dan mereka benar-benar mengangkat saya. Mereka selalu akan berdiri oleh saya dan saya akan selalu berdiri di samping mereka. Ini bukan hal yang mudah untuk membuat fanbase." Dia mengucapkan terima kasih kepada FlyLife, sebuah perusahaan pemasaran Manhattan yang berbasis LGBT dimana label Interscope bekerja, dalam catatan kredit album The Fame, mengatakan, "Saya sangat mencintai kalian. Kalian adalah detak jantung pertama dalam proyek ini, dan dukungan dan kecemerlangan berarti bagi saya, saya akan selalu berjuang untuk tangan komunitas gay dengan tangan saya dan dengan tim yang luar biasa." Salah satu pertunjukan televisi pertamanya adalah pada Mei 2008 di NewNowNext Awards, sebuah acara penghargaan ditayangkan oleh televisi jaringan LGBT Logo, di mana dia menyanyikan lagunya "Just Dance". Pada bulan Juni tahun yang sama, dia menampilkan kembali lagu di acara San Francisco Pride.

note:

LGBT = Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender


[imagetag]

sumber: wikipedia


www.digosip.blogspot.com